Friday, February 25, 2011

13 bahan makanan termahal di dunia

halo para pembaca .. .. maaf soal post ini. walaupun dulu masih ada kesalahan, tetapi isi sudah saya per barui (asli bikinan admin) silahkan disimak!!

 
jamur matsutake (20 juta/kg)

Jamur matsutake hanya hidup di jepang, jamur ini sangat jarang di temukan dan biasanya berada pada tumbuhan cemara sebagai parasit. teksturnya yang lembut dan gurih saat di bakar membuatnya mendapat julukan " Raja makanan mesim gugur"



Kentang termahal : La Bonnotte (5,6 juta/kg)

Kentang ini adalah kentang La Bonnotte, kentang yang dijuluki 'king of potatoes' (raja kentang) ini hanya bisa tumbuh di pulau Noirmoutier, yaitu sebuah pulau yang terdapat di lepas pantai barat Perancis.
setiap tahun pulau ini hanya bisa menghasilkan 100 ton saja setiap tahun, karena  sedikit kentang ini menjadi yang termahal di dunia. Yang spesial dari kentang ini, rasanya yang agak asin karena kentang ini ditanam menggunakan pupuk dari rumput dang ganggang laut. tertarik mencobanya??

 buah termahal lain : semangka densuke (2-3 juta/buah)

 Di negara yang semangka adalah barang jarang, mereka dapat menjadi komoditas mahal. Begitulah semangka 17-pon Jepang menjadi semangka termahal di dunia. Densuke semangka, sejenis semangka hitam hanya tumbuh di pulau Jepang utara Hokkaido, biasanya diberikan sebagai hadiah karena kelangkaan mereka yang luar biasa. Hanya ada enam puluh lima buah di antara panen pertama musim ini. Mereka lebih keras dan lebih tajam daripada semangka, menurut juru bicara Tohma Agricultural Cooperative, mereka "memiliki tingkat kemanisan yang berbeda."

click 'readmore' to find out more about it

Bahan makan dari unggas termahal : hati Angsa (2.5 juta/kg)


Hati angsa atau foie grass, merupakan bahan makanan termahal yang berasal dari unggas,
Angsa sengaja di ternakan dengan di beri biji bijian khusus untuk di ambil hatinya, hati angsa normal beratnya 100gr-200gr,
sedangkan untuk foie grass beratnya 800gr-900gr. harganya mahal lho, kira-kira untuk 1 kilo 2.500.000 rupiah. Biasanya ini dihidangkan di restoran prancis bintang 5 dan mewah



Daging hewan ternak (halal) termahal : Daging Sapi Kobe (3 juta/kg)


Bagi para pencinta daging inilah salah satu daging sapi yang termahal, ya daging
Sapi Kobe. Berasal dari keturunan sapi wagyu yang hidup di Kobe,Jepang.
Daging ini merupakan daging sapi terlunak dan memiliki citarasa terbaik di dunia.
Daging sapi kobe memiliki kontur yang berbeda dengan daging sapi lain, ini dikarenakan lapisan lemak antar serat daging yang banyak. Harganya kira-kira 2.700.000 per 500gr, wah mahalnya!! 








 
Jamur Termahal di Dunia: Jamur Truffle Putih (30 juta/500gr)

Hingga saat ini belum ada orang yang berhasil menanam atau membudidayakan jamur truffle putih. Jamur ini hanya bisa didapatkan di hutan di Italia Utara pada bulan September dan Desember. Setengah kilogram jamur jenis ini dijual dengan harga paling murah Rp 27,5 juta.

 
Produk Unggas Termahal di Dunia: Sarang Burung Walet (300 ribu/porsi)

Sarang yang dibuat dari air liur burung walet ini biasanya akan melebur di dalam sup kental yang tak hanya lezat tapi juga tinggi nutrisi. Bahan makanan ini mahal karena burung walet butuh waktu 2 bulan untuk membuatnya, dan tiap burung hanya membuat 2-3 sarang setiap tahun. Untuk mendapatkannya pun prosesnya tak mudah karena petani harus mengambilnya dari lekuk dan lorong-lorong gua yang sulit diraih. Sarang burung walet hanya bisa didapat di negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia, dan Cina yang sengaja membangun rumah burung raksasa untuk memelihara burung walet. Di pasaran internasional, harganya mencapa Rp 183 ribu untuk satu buah sarang. 

Penyedap Masakan Termahal di Dunia: Aceto Balsamico Tradizionale (2 juta/100ml)

Cuka balsam adalah bahan masakan penting yang dipakai banyak koki. Namun cuka balsam tradisional yang hanya dibuat di Modena atu Reggio, Italia, ini hanya dipakai koki-koki papan atas di dunia karena harganya yang sangat mahal. Dibutuhkan anggur Trebbiano dalam jumlah yang sangat banyak untuk diolah dan difermentasikan selama 12-25 tahun sebelum akhirnya menghasilkan satu botol kecil cuka balsam tradisional ini. Harganya? Rp 1,8 juta untuk botol 100 ml. 
Kopi Termahal di Dunia: Kopi Luwak (4.5 juta/500gr)

Biji kopi yang banyak ditemukan di Indonesia ini menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih halus dan tidak terlalu pahit. Ini karena biji kopinya sudah difermentasikan di dalam perut luwak sebelum dikeluarkan bersama kotoran. Harga kopi luwak di pasar internasional mencapai Rp 4,5 juta rupiah untuk 0,5 kilogram.

 
Daging Termahal di Dunia: Jamón Ibérico de Bellota (800 ribu/500gr)

Jangan heran jika namanya seperti bahasa Spanyol, karena daging ini hanya bisa didapat di Spanyol. Jamón Ibérico de Bellota adalah daging kaki babi yang diawetkan. Bukan sembarang babi, tapi babi yang dibiarkan hidup bebas di hutan di bagian barat Spanyol yang kaya akan biji pohon ek, sehingga babi-babi ini hanya mengonsumsi biji ek, jamur liar, dan rerumputan. Bebas dari lemak. Setelah ditangkap, daging babi ini diawetkan selama 2 tahun sebelum akhirnya dijual ke pasaran dengan harga hampir Rp 800 ribu untuk 0,5 kilogram.
 
Bumbu Termahal di Dunia: Saffron (300 ribu/gram)

Saffron adalah rempah yang harganya memang mahal, namun saffron jenis "Coupe" adalah yang termahal. Saffron jenis ini dijual dengan harga termurah Rp 90 ribu per gram, dan bisa mencapai Rp 275 ribu untuk yang kualitas terbaik.
Seafood Termahal di Dunia: Kaviar Ikan Terubuk sturgeon (5 juta/porsi)

Kaviar alias telur ikan yang diasinkan memang dikenal sebagai makanan mahal. Namun kaviar yang diambil dari ikan terubuk (sturgeon fish) adalah yang paling mahal dengan harga lebih dari Rp 4,5 juta untuk satu porsi. Kaviar ini mahal karena ikan jenis osetra surgeon butuh waktu 10 tahun untuk menghasilkan telur. Ikan ini juga langka dan termasuk spesies yang dilindungi, sehingga nelayan harus berhati-hati saat menangkapnya dan mengambil telurnya.


 
Buah Termahal di Dunia: Yubari King Melon (1 juta/buah)

Sama seperti daging Kobe yang hanya diproduksi di kota Kobe, Jepang, melon Yubari King juga hanya dibuat oleh petani-petani di Yubari, Jepang. Ini adalah buah hasil persilangan dua jenis melon, menghasilkan melon kuning yang manis, besar, dan bentuknya proporsional. Melon Yubari King biasanya dijual sepasang, dengan harga Rp 450 ribu hingga hampir Rp 1 juta.




Sumber artikel : 13 bahan makanan termahal di dunia