Thursday, February 24, 2011

Danau Ranau, Danau Terbesar Kedua di Sumatera

Anda tentu sudah mengenal Danau Toba, lalu bagiamana dengan dengan Danau Ranau? Ini adalah sebuah Danau yang terletak di Lampung Barat. Tahukah anda jika ternyata Danau ini merupakan Danau terbesar kedua di Sumatera? Potensi wisata yang dimiliki oleh Objek wisata Danau Ranau juga ternyata di kalah besar dari Danau-danau lainnya di Indonesia. Danau ini berlokasi Komering Ulu Selatan, tepatnya di Kabupaten Ogan. Dari Kota Palembang memerlukan waktu tempat sekitar 7-8 jam. Pembentukan Danau ini dipengaruhi oleh letusan gunung berapi. Letusan tersebut menciptakan kawah dan terisi oleh air hingga jadilah Danau Ranau. Dinamakan Danau Ranau karena disekelilingnya tumbuh spesies tumbuhan yang oleh penduduk dinamai Ranau. Anda bisa melihat keindahan Danau ini dari dua tempat, yang pertama adalah dari Pusri, dan yang kedua adalah dari Banding. Suasana di Banding hampir sama dengan suasana Benteng Kuto Besak. Sedangkan di Pusri suasananyalebih asri dan hijau, oleh sebab itu lebih banyak wisatawan datang kesini daripada ke Banding.


Danau Ranau Lampung Barat

Daerah di sekitar Danau Ranau penuh dengan perbukitan. Anda harus berhati-hati jika ingin datang kesini dengan mobil karena jalannya cukup sempit, berkelok-kelok, dan penuh tanjakan. Tiket masuk ke Pusri adalah Rp. 20.000,-.  Setelah membayar biaya masuk di gerbang, anda bisa melanjutkan perjalanan sekitar 200 meter untuk menuju lokasi utama. Ada beberapa tempat menarik di sekitar Danau Ranau yang bisa anda kunjungi, seperti pemandian air panas, Pulau Marisa, dan Air terjun Subik. Yan paling terkenal dalah pemandian air panasnya, oleh sebab itu jangan sampai anda lewatkan jika ingin berwisata ke tempat ini. Untuk sampai ke lokasi tersebut, anda harus menyeberang dengan perahu atau kapal. Tarif angkutan ke pemandian air panas tersebut sekitar Rp. 130.000,- per kapal. Berbicara tentang Pulau Marisa, sebenarnya tidak ada hal yang begitu spesial dengan pulau ini. Tapi jika memang anda ingin melihat apa saja yang ada disini, silakan datang saja langsung. Air panas yang terdapat disini berasal dari Gunung Seminung. Karena suhu airnya cukup tinggi, mungkin anda perlu sedikit adaptasi sebelum menceburkan diri ke kolam. Kolam air panas ini sebenarnya bersebelahan dengan Danau Ranau yang memiliki air dingin. Namun masuknya air danau tidak berpengaruh banyak terhadap panasnya suhu di dalam kolam.

Danau Ranau Lampung Barat 2

Jika anda bingung mencari akomodasi, anda bisa menginap di Hotel Seminung. Hotel ini berlokasi tepat di sisi Danau Ranau. Dari sini anda bisa melihat Danau Ranau yang indah, pemandangan bukit Barisan yang Hijau, dan Gunung Seminung yang membiru. Fasilitas di dalam hotel juga cukup lengkap, bahkan sudah tersedia fasilitas untuk seminar atau rapat berupa convention hall berukuran besar. Ada banyak hal menarik yang bisa anda lakukan di sekitar tempat ini, seperti menjelajahi Danau Ranau dengan perahu, berenang, memancing, mandi air panas, menikmati wahana outbound. dan melakukan berbagai aktivitas outdoor lainnya.

Danau Ranau Lampung Barat 3

Di sekitar danau terdapat sebuah Kampung Wisata, anda bisa berkunjung kesini kalau mau. Pembangunan tempat ini adalah karena inisiatif pemuda sekitar dan dibangun dengan tujuan untuk mengkomodasi jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini. Tamu yang berkunjung biasanya dalam grup atau banyak orang. Tidak hanya berwisata, sebagian dari mereka juga melakukan riset tentang ekologi Danau Ranau. Mereka yang datang ada dari komunitas fotografi, fun bike, hingga mahasiswa. Di dalam area kampung wisata, ada kurang lebih 25 penginapan. Dengan keramah-tamahan yang berikan, nuansa yang alami, anda akan betah berada disini.

Danau Ranau Lampung Barat 4

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang Objek wisata Danau Ranau yang terdapat di Lampung Barat. Selamat berkunjung.