Monday, February 21, 2011

Kursi Roda Elektrik

Para ahli robot dan ahli medis Jepang mengeluarkan prototip baru sebuah kursi roda elektrik dengan bentuk unik menyerupai skuter. Mereka mengklaim, perangkat ini menjanjikan mobilitas lebih bagi penggunanya. Kursi roda berteknologi baru ini nampaknya akan segera menggantikan kursi roda konvensional. Dengan kursi roda kuno, pengguna harus memutar roda atau menggunakan sebuah joystick dengan tangan.

http://techno.okezone.com/images-data/content/2009/08/27/56/251877/N1gEOooccE.jpg

Para ahli kemudian mengubahnya ke dalam bentuk mirip skuter yang dikendalikan tangan. Pada saat bergerak, pengguna kursi roda bisa mengistirahatkan lutut dan dada mereka dengan menyandarkannya pada sebuah bantal yang terdapat di bagian depan skuter. Rancangan ini akan memudahkan pengguna agar lebih mudah meluncur dan bergerak.

"Saya yakin ciptaan ini merupakan keseluruhan ide baru dalam pembuatan kursi roda," kata Kepala Veda International Robot Research and Development Centre, Makoto Hashizume, yang dikutip dari AFP. "Dengan kendaraan ini, pengguna bisa berjalan kemana saja dengan mudah dan bebas. Sehingga mereka lebih mobile tanpa banyak bantuan dari orang lain," tambahnya.



Namun begitu, para penemu kursi roda ini belum berencana untuk memasarkan hasil karya mereka. Pasalnya produk mereka terlebih dahulu harus memenuhi standar keamanan yang ditetapkan pemerintah. Tetapi mereka juga menyebutkan bahwa tidak menutup kemungkinan mereka akan bekerjasama dengan perusahaan teknologi di Jepang untuk memproduksinya secara masal.



sumber