Monday, February 21, 2011

Tanaman Robot, Mampu Menghasilkan Oksigen

Tanaman sangatlah penting bagi kehidupan manusia karena mereka mengeluarkan oksigen untuk kelangsungan hidup manusia. Tetapi seiring pertumbuhan teknologi manusia sering mengabaikan tanaman. Sehubungan dengan ini, Korea mulai mengembangkan robot tanaman yang bisa mengeluarkan oksigen.
http://4.bp.blogspot.com/_IgAkn8oHGyQ/SQHG1W4zMwI/AAAAAAAAAB4/Grtw3fT_3m4/s320/robot-tanaman.jpg
Robot tanaman yang dikembangkan para peneliti di Chonnam National University tersebut juga memiliki fungsi pelembab, mengeluarkan wewangian dan kinetik. Tanaman ini memiliki tinggi 1,3 meter dan diameter 40 cm dan terdiri dari sebuah pot, sebuah tangkai dan lima kuntum bunga. Tanaman ini dapat merespon pada beberapa hal. Jika anda berada 40 cm dari tanaman ini, dia akan mendekatkan tangkainya ke anda dan memekarkan bunganya. Jika suara yang diterimanya melebihi batas normal, dia juga akan memekarkan bunganya dan menggerakkan batangnya.

http://www.beritateknologi.com/wp-content/uploads/2009/03/mit.jpg
Jika lampu pada ruangan tempat tanaman ini berada menyala, maka tanaman ini akan membuka dan menutup kuntum bunganya dan jika musik dinyalakan, tanaman ini akan berdansa. Tetapi tentunya anda tidak akan bisa membandingkan tanaman asli dengan tanaman yang satu ini. Hanya saja bila nantinya sudah tidak ada lagi tanaman asli, kenapa tidak?